0
Dikirim pada 18 September 2014 di Organic Home Garden

Cara membuat komposternya....

1. Siapkan 2 buah botol, botol 1 untuk menampung sampah sayuran/buah/dll tumbuhan, botol ke 2 untuk menampung air lindi / pupuk organik cairnya (poc)
Untuk botol 1, pilih yg mulut botolnya lebih kecil dibanding botol kedua, karena mulut botol 1 akan masuk ke mulut botol kedua

2. Buat lubang kecil-kecil ditutup botol 1 (sy pake solder utk melubangi) berfungsi sebagai saringan agar sampah sayuran dibotol atas / botol 1 tdk turun ke botol bawah / botol kedua (jadi cairannya saja yg turun menetes ke botol bawah)

Buat lubang ditutup botol ke 2/botol bawah, seukuran mulut botol 1 /botol atas. (Seukuran mulut botol atas tanpa tutupnya ya)

3. Satukan kedua tutup botol dengan cara pasang/Masukkan tutup botol 1/ botol atas ke dlm tutup botol ke 2/ botol bawah.

4. Pasangkan tutup botol yg sdh disatukan ke botol 1 / botol atas dgn cara diputar, (caranya sama aja klo kita nutup botol biasa.... diputar mpe rapat)

Foto Nur Idawati M.
 
 
5. Pasangkan botol ke 2 / botol bawah ke tutupnya dgn cara diputar juga. (Botolnya yg diputar mpe melekat erat ditutupnya)

6. Potong bagian bawah botol ke 1 / botol atas. Potongan bagian bawah botol ini sy jadikan tutup atasnya, dan sy pasang terbalik. Bagian tengahnya sy beri 1 lubang kecil, lubang ini berfungsi untuk membuang gas yg terjadi selama proses pembusukan sampah .

7. Buat lubang disamping botol 1 / botol atas untuk tempat talinya.
Komposternya dah selesai.... dan siap digunakan.

*** cara melepas dan memasang botol ke 2 / botol bawah :
Untuk mengeluarkan pocnya, lepaskan botol bawah, caranya : pegang tutup botolnya lalu putar botolnya sampai terlepas dari tutupnya (jadi yg diputar itu botolnya, bukan tutupnya, tutup botol tetap melekat dibotol atas)
Begitupun untuk memasang kembali botolnya, pasangkan ditutupnya lalu putar botolnya sampai melekat erat ditutupnya.

*** untuk bahannya, sampah sisa sayuran, buah dan kulitnya, daun2nan, dicacah lalu dibasahi lembab dengan larutan mol atau em4, aduk rata lalu masukkan ke botol/ komposternya

*** bila sdh menyusut, tambahkan lagi sampahnya.... prosesnya sama dengan diatas (dicacah dan dibasahi lembab dgn mol/em4)
Foto Nur Idawati M.

sumber: penulis Nur Idawati M di grup belajar menanam



Dikirim pada 18 September 2014 di Organic Home Garden
comments powered by Disqus
Profile

friendly, ...yuk semangat,sholihah, cerdas, n ikhlas. Muslimah itu anugerah terindah dunia. ia lembut tp tidak lemah---mpesona tp bersahaja...ia tahu bgmana menjaga izzah dirinya..ia mengerti bgmna mnjaga akhlaq dan kemuliaannya..itulah yg membuatnya istimewa dibanding wnta lainnya. ilmunya telah mengangkatnya menjadi permata terindah di dunia.. wa akherat...tetap semangat More About me

BlogRoll
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 844.177 kali


connect with ABATASA